berita-img
13/04/2020

Satgas Untan Siapkan Bilik Disinfeksi dan Face shield bagi Tenaga medis

Firmansyah | Politik

Satuan Gugus Penanganan Universitas Tanjungpura (Satgas Untan) penanggulangan wabah COVID 19 telah menyiapkan satu buah bilik disinfeksi untuk Rumah Sakit Pendidikan Universitas Tanjungpura (RSP Untan) yang saat ini menjadi Rumah sakit rujukan penanggulangan pasien penyakit COVID 19.

Bilik disinfeksi Hasil rancang bangun dari Lab Teknik Industri Fakultas Teknik Untan memperhatikan masukan dari sejawat Fakultas Kedokteran Untan dan RSP Untan. Saat ini Lab dan Workshop Fakultas Teknik Untan sedang mempersiapkan bilik disinfeksi berikutnya.

Sementara itu Lab Teknik Mesin dan Lab Digital Control & Conputation juga telah menyiapkan Face shield bagi Kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD)  untuk tenaga medis pahlawan garda terdepan INDONESIA melawan COVID19. Face Shield ini di rancang dengan memperhatikan masukan dari teman teman medis dari FK UNTAN dan RSP UNTAN.

Satgas Untan juga membuat Larutan disinfektan yang  diramu dari Lab Teknik Kimia dengan memperhatikan masukan dari Tim FK UNTAN dan RSP UNTAN serta FARMAKALOGIS agar aman terhadap kemungkinan iritasi kulit. Untuk keperluan publik satgas juga sedang persiapkan sanitary wash basin untuk memudahkan gerakan PHBS di kampus UNTAN selama darurat COViD19.

Ketua Satgas Untan penanggulangan Covid 19 yang diketuai oleh Direktur RSP Untan, dr Rangga Putra Nugraha THT-KL MSc sudah berkoordinasi menyiapkan berbagai persediaan peralatan yang diperlukan dengan pihak terkait.

“Kini permohonan bantuan sudah mulai sampai pada kami, persoalannya adalah harga mesin humidifier di pasaran “tidak ramah bencana”, melainkan merebak naik bagaikan merebaknya Virus Corona, demikian pula bahan baku untuk disinfectant serta bahan baku hand sanitizer yg sulit di pasaran, dan kami sudah koordinasikan ke Pimpinan Universitas semoga ada jalan keluar yang di dapatkan”, ucapnya (26/3/2019).

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Rektor UNTAN, Prof. Dr. Garuda Wiko SH, MSi, FCBArb beserta jajaran yang memberikan dukungan penuh dalam penanggulangan menyebarnya pandemi virus corona di Kalimantan Barat.

Tim Satgas juga telah melakukan penyemprotan disinfektan berbagai area Untan yaitu di Jalan Imam Bonjol, Gedung Konferensi, Gedung Perpustakaan, Gedung rektorat Rusun Untan serta fakultas-fakultas.

Bagikan Ke:

Populer






A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'gmp' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: